LAW RESEARCH INSTITUTE CONFERENCE (LRIC)

1413196734199

Kegiatan Law Research Institute Conference merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan dalam bentuk konferensi mahasiswa dimana dalam pelaksanaannya, kegiatan ini akan mengundang delegasi-delegasi dari Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam penelitian hukum (Law Research) di tiap-tiap Universitas yang ada di Indonesia untuk melakukan suatu kajian terhadap permasalahan mengenai hukum olahraga yang baru berkembang di Indonesia khususnya dalam bidang sepakbola.

Sepakbola merupakan olahraga yang paling berpengaruh bagi perjalanan hidup bangsa Indonesia, yang pada awalnya merupakan salah satu alat perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajahan bangsa Belanda dari segala Aspek. Ir. Soeratin sebagai pendiri PSSI sangat jelas telah menanamkan hal tersebut, namun sampai saat ini konsep tersebut belum berhasil untuk mendongkrak prestasi sepakbola negara ini. Kondisi permasalahan Sepakbola Indonesia saat ini tidak bisa dibilang baik mulai dari permasalahan kontrak pemain, sengketa kedaulatan antara PSSI dan juga Pemerintah, kesejahteraan pemain, verifikasi klub, kerusuhan suporter, dan lain lain sebenarnya banyak yang menyentuh aspek-aspek hukum yang belum banyak tergali oleh ahli-ahli hukum di Indonesia. Sehingga banyak hal yang harus diperhatikan dari hadirnya hukum olahraga ini, yakni banyaknya anggapan bahwa hukum olahraga tidak dapat dicampur tangani oleh hukum nasional akibat setiap jenis olahraga memiliki law of the game atau aturan main masing-masing, hingga pendapat bahwa kehadiran hukum olahraga sangat penting dalam menjaga hak asasi manusia. Selain itu, hukum olahraga juga bermanfaat bagi aparat penegak hukum agar dapat memiliki sudut pandang dan standar baru dalam menghadapi situasi dan kondisi tertentu, selain memahami hukum dalam perundang-undangan pada umumnya.

Sayangnya, tidak semua orang memerhatikan pentingnya keberadaan hukum olahraga di Indonesia. Padahal, selain karena fungsinya, hukum olahraga juga dapat menjadi suatu wawasan baru yang patut dijadikan bahan kajian dan penelitian bagi mahasiswa fakultas hukum di seluruh Indonesia.

Berkaitan dengan hal tersebut, maka kami memilih “Hukum Olahraga Sepakbola dalam Perspektif Hukum Nasional dan Hukum Internasional” sebagai tema yang akan diangkat dalam konferensi ini dengan maksud untuk mengembangkan wawasan mahasiswa fakultas hukum di Indonesia agar mau berkecimpung di dunia hukum olahraga dan membawa kemajuan bagi perkembangan hukum olahraga di Indonesia khususnya dalam bidang sepakbola.

SYARAT DAN KETENTUAN UMUM

  1. Peserta Law Research Institute Conference 2014 adalah mahasiswa atau mahasiswi Fakultas Hukum jenjang strata satu di Perguruan Tinggi di Indonesia dengan status akademis aktif pada saat acara ini berlangsung.
  2. Perwakilan peserta adalah bagian dari peserta yang telah mendaftarkan diri pada acara ini dan melengkapi semua persyaratan administrasi serta telah dikonfirmasi sebagai peserta oleh panitia dan bertanggungjawab atas peserta lain yang berasal dari satu Perguruan Tinggi yang sama.
  3. Masing-masing Universitas dapat mengirimkan1 tim yang terdiri dari 2 sampai 3 orang pesertauntuk mewakili lembaga penelitian dan kajian hukum baik dalam bentuk Unit Kegiatan Mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa, maupun lembaga-lembaga lainnya yang menelitidanmengkajihal-hal yang berkaitan dengan hukumyang terdapat di seluruh Fakultas Hukum Universitas se-Indonesia.
  4. Acara ini dapat diikuti oleh seluruh lembaga penelitian dan kajian hukum yang ada di seluruh Fakultas Hukum Universitas se-Indonesia termasuk lembaga penelitian dan kajian hukum yang ada di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran.
  5. Pengiriman artikel tidak memungut biaya apapun dari peserta.
  6. Agar terdaftar sebagai peserta, calon peserta harus mengirimkan artikel hasil kajian ilmiah dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh panitia.
  7. Pengiriman artikel dilakukan paling lambat tanggal 25 Oktober 2014.
  8. Calon peserta yang sudah mengirimkan artikel akan diseleksi menjadi 10 tim yang nantinya akan menjadi peserta dalam acara ini.
  9. Peserta yang lolos seleksi wajib membawa hard copy naskah artikel untuk dipresentasikan pada saat acara ini berlangsung.
  10. Peserta yang lolos seleksi wajib membayar biaya akomodasi senilai Rp.750.000,- (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) yang dibayarkan melalui Rekening Mandiri 900 00 2345223 9 , atas nama Muhammad Bardan Salam paling lambat 5 November 2014.
  11. Dari seluruh peserta konferensi yang hadir akan dipilih Best Delegate, yang ditentukan oleh peserta lainnya melalui penilaian langsung pada saat presentasi berlangsung. Best Delegate yang terpilih akan mendapatkan uang sejumlah Rp 3.000.000,- (tiga juta rupiah) , plakat dan sertifikat.
  12. Dress code peserta adalah jas almamater, kemeja putih, dan celana atau rok
  13. Peserta akan mendapatkan fasilitas pendampingan Liaison Officer (LO) selama acara ini berlangsung.
  14. Peserta akan mendapatkan fasilitas transportasi setelah kedatangan peserta di kota Bandung sampai dengan acara ini berakhir.
  15. Peserta akan memperoleh sertifikat, dan konsumsi selama acara ini berlangsung.
  16. Peserta berkewajiban untuk mengikuti seluruh rangkaian acara yang telah ditetapkan oleh panitia.
  17. Peserta dapat menghubungi Risma Latifa (087774654134) sebagai contact person dalam acara ini apabila ada hal-hal yang kurang jelas berkenaan dengan syarat dan ketentuan diatas.

Ketentuan artikel

  1. Artikel dibuat dalam bahasa Indonesia dengan format:
  • Tema: “Perspektif Hukum Sepakbola dalam Hukum Nasional dan Internasional”
  • Sub tema:
    • Perlindungan Hukum Bagi Pemain Sepakbola Indonesia
    • Penyelesaian Sengketa Dalam Tubuh Sepakbola Nasional
    • Subjek Hukum PSSI Dalam Lingkup Hukum Nasional
    • Kedaulatan FIFAA VS Kedaulatan Negara Dalam Lingkup Sepakbola Nasional dan Internasional
  •  File: Microsoft Word 97 sampai 2010 dan pdf
  • Ukuran kertas: A4
  • Spasi: 1,5 lines
  • Jenis tulisan: Times New Roman 12
  • Jumlah panjang artikel: 5-10 halaman
  • Setiap Anggota dari Peserta wajib memaparkan Kondisi Sepakbola Indonesia dan langkah apa yang akan kalian ambil sebagai ahli hukum dalam memperbaiki Sepakbola Nasional dalam satu halaman dalam Lampiran.

  1. Artikel dikirim dalam bentuk soft copy dalam satu folder yang bertuliskan Universitas masing-masing beserta nama lembaga penelitiannya, contoh: UNIVERSITAS PADJADJARAN_PLEADS dan dengan format penamaan setiap artikel: (Nama Perwakilan Peserta)_(Asal Universitas)_(3 Kata Awal Judul Artikel), contoh:
  2. Artikel yang dikirim merupakan hasil penelitian dari lembaga penelitian dan kajian hukum yang terdapat di seluruh Fakultas Hukum Universitas se-Indonesia.
  3. Artikel dikirim bersamaan dengan satu folder berisi persyaratan administrasi yang terdiri dari:
    1. Hasil scan Kartu Tanda Mahasiswa dan surat tanda keterangan dari Fakultas Hukum di Universitas asalnya yang menyatakan bahwa mahasiswa yang bersangkutan adalah mahasiswa dari Fakultas Hukum di Universitas tersebut.
    2. Curicullum Vitae peserta yang bersangkutan.
    3. Surat pernyataan yang menyatakan bahwa naskah yang dibuat adalah asli, bukan plagiat, saduran, atau terjemahan dari karya orang lain, serta belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang diikutsertakan dalam lomba, penelitian atau kegiatan lain selain konferensi (Surat dapat diunduh dari www.pleads.org/lric)
  4. Peserta wajib mengirimkan seluruh berkas dalam satu folder ke alamat email pleads@fh.unpad.ac.id selambat-lambatnya pada tanggal 25 Oktoberber 2014 dengan format judul email : LRIC_(Nama Perwakilan Peserta)_(Asal Universitas)_(Nama Lembaga Kajian)_(3 Kata Awal Judul), contoh : LRIC_FathaSayyidah_UniversitasPadjadjaran_PLEADS_Revitalisasi Kewenangan
  5. Setelah mengirimkan seluruh berkas, peserta wajib melakukan konfirmasi melalui SMS kepada Risma Latifa (087774654134) dengan format: Nama Perwakilan Peserta_Asal Universitas_Nama Institusi Penelitian_Judul Artikel, contoh: FathaSayyidah_UniversitasPadjadjaran_PLEADS_RevitalisasiKewenangan

MekanismePenyelenggaraan :

Acara ini terdiri dari 2 sesi :

  1. Presentasi
  • Artikel yang telah dikirim masing-masing delegasi akan dipresentasikan setiap kelompok dengan urutan yang akan ditentukan saat technical meeting.
  • Sebelumnya pembicara akan memaparkan sebuah fakta-fakta sesuai tema yang akan ditentukan sesuai dengan tema yang dibahas sebagai pengantar, baru kemudian presentasi setiap delegasi
  • Presentasi akan dipandu oleh MC acara.
  • Setiap peserta lain mengisi draft penilaian yang telah disediakan oleh panitia yang nantinya merupakan format penilaian pemilihan best delegate.
  • Presentasi menggunakan Power Point 97-2010
  • Peserta dapat menggunakan Laptop sendiri
  • Presentasi akan dilakukan selama 30 menit dengan rincian waktu :
  • 2 Menit Persiapan
  • 8 Menit Presentasi
  • 10 Menit Tanya Jawab
  • Peserta dapat menggunakan berbagai macam alat pembantu tanpa mengganggu jalannya

2. Konferensi

  • Konferensi akan membahas mengenai “Perkembangan dan Peran Penelitian Hukum dalam Proses Legislasi”
  • Konferensi akan dipandu oleh satu moderator sekaligus pemapar pendahuluan dari materi konferensi
  • Konferensi akan dilakukan selama 2 Jam dan seluruh peserta wajib memaparkan argumennya
  • 10 tim yang diumumkan menjadi peserta acara LRIC, akan langsung dikirimkan Term of Reference untuk konferensi

Download proposal undangan

It is a perfect complement https://resume-chief.com to your child’s language arts school curriculum